Diary · Uncategorized

Berikan Aku Alasan yang Kuat Untuk Menjadi Seorang Dokter

Peminat Jurusan kedokteran semakin lama semakin banyak. Entah itu kedokteran manusia, kedokteran gigi, ataupun kedokteran hewan. Banyak alasan mengapa mereka memilih jurusan kedokteran. Ada yang beralasan karena dokter adalah pekerjaan mulia. Ada yang beralasan ingin menaikkan status sosial hingga ingin cepat kaya. Ada juga yang disuruh orang tua atau malah tidak sengaja ‘kecemplung’ di jurusan tersebut. Nyatanya semua alasan tersebut sah-sah saja. Tapi adakah alasan lain yang lebih kuat selain alasan di atas?

Jika ada yang beralasan memilih jurusan kedokteran adaah jurusan yang mulia. Saya akui pekerjaan dokter memang lah pekerjaan yang mulia. Tapi pada dasarnya semua pekerjaan adalah mulia.

Jika ada yang beralasan memilih jurusan kedokteran karena ingin cepat kaya saya rasa itu salah besar. Jika ingin kaya pilih saja jurusan perminyakan. Gaji pertama jurusan ini katanya berkali lipat daripada gaji seorang dokter. Jika beralasan seperti ini rasanya tidak heran saat bekerja nanti jiwa materialistik akan mengalahkan jiwa kemanusiaan.

Profesi dokter tidaklah mudah. Seorang dokter cenderung dianggap dewa. Malah seorang dokter sering dianggap tuhan yang dapat menyembuhkan. Anggapan ini pernah dibuktikan dengan adanya keluarga pasien yang menuntut dokter karena dituduh melakukan malpraktik. Padahal dokter tersebut telah berusaha semaksimal mungkin dan kasus emboli tersebut merupakan sebuah resiko yang seharusnya bisa diterima oleh keluarga pasien. Anggapan ini juga sering dibuktikan dengan adanya pasien yang mendatangi dokter untuk meminta kesembuhan padahal seharusnya pergi ke dokter hanya untuk konsultasi. Dokter juga dituntut untuk menunaikan kewajiban-kewajibannya meskipun hak-haknya terenggut.

Profesi dokter (lagi-lagi) bukanlah profesi yang mudah. Dokter harus belajar seumur hidupnya. Sebelum menjadi seorang dokter banyak mata kuliah yang harus dipelajari. Terlebih untuk menjadi seorang dokter hewan ia harus mempelajari banyak spesies karena pasien yang datang tidak hanya dari satu spesies. Belum lagi serangkaian ujian dan proses bertahun-tahun yang harus dihadapi. Untuk menjadi seorang dokter juga bukan perkara yang murah. Agar menjadi seorang dokter dibutuhkan biaya puluhan hingga ratusan juta. Lalu mengapa masih ingin menjadi dokter?

Hanya ada satu alasan yang kuat. Alasan ini yang nantinya akan terus membuat para calon dokter semangat. Ya alasan itu karena ia ingin bermanfaat bagi orang lain. Bermanfaat disini mungkin dapat dipersempit bidangnya. Sesuai dengan hadist nabi :

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain

Leave a comment